-->
مَثَلُ الَّذِيْ يَطْلُبُ الْعِلْمَ بِلاَ حُجَّةٍ كَمَثَلِ حَاطِبِ لَيْلٍ، يَحْمِلُ حُزْمَةَ حَطَبٍ وَفِيْهِ أَفْعَى تَلْدَغُهُ وَهُوَ لاَ يَدْرِيْ

ZAKAT FITHRI


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلاّ أنت أستغفرك وأتوب إليك

Ditulis oleh: Abu Ja’far Al-Harits Al-Minangkabawy Saddadahulloh
Darul Hadits Dammaj, Kamis 14 Romadhon 1433
Kitab-kitab terkait dengan pembahasan:
Al-Mughny karya Ibnu Qudamah Rahimahulloh, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab karya Imam An-Nawawy Rahimahulloh, Majmu’ul Fatawa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahulloh, Zaadul Ma’ad karya Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah Rahimahulloh, Majmu’ul Fatawa Syaikh Al-‘Utsaimin Rahimahulloh, Asy-Syarhul Mumti’ karya Syaikh Al-‘Utsaimin Rahimahulloh, Al-Qowa’id wa Ushulul Jami’ah karya Syaikh ‘Abdurrohman bin Nashir As-Sa’dy Rahimahulloh, Fathul ‘Allam karya Syaikhuna Muhammad bin ‘Ali bin Hizam Hafizhohulloh, Ahkamu Zakatil Fithri karya Syaikhuna Zayid Al-Wushoby Hafizhohulloh, Al-Ghonimah karya Mu’adz Za’im Hafizhohulloh, Maa Ikhtalafa fihi Al-Hukmu bil Qillah wal Katsroh wal ‘Ibaaroh karya DR Bu Bakr Bah Waffaqohulloh

[1] Ibnu Hazm Rahimahulloh berpendapat akan wajibnya demikian juga salah satu riwayat dari Imam Ahmad, apabila usia kandungan lebih dari 120 hari. Namun hukum-hukum dunia baru terkait dengan janin ketika dia keluar dalam kondisi hidup kecuali wasiat dan warisan. Secara bahasa dan adat, janin juga tidak dinamakan anak-anak.
[2] Yaitu firman Alloh Ta’ala:

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيم [التوبة: 60]

[3] Kecuali burr (salah satu jenis gandum) Terdapat hadits-hadits dalam masalah ini yang tak lepas dari cacat namun secara keseluruhan terangkat ke derajat shohih. Pendapat ini sah dari Kholifah yang empat (Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsman dan ‘Ali) juga Ibnu Mas’ud, Jabir, Abu Hurairoh, Ibnu Az-Zubair, Mu’awiyah, Asma’ Rodhiyallohu ‘Anhum. Ini juga yang dirojihkan Saikhul Islam Ibnu Taimiyyah, Ibnul Qoyyim, Syaikh Al-Albany, dan Syaikhuna Muhammad Hizam (lihat Fathul ‘Allam 2/499-501)
[4] Dijaga dengan sistem pemberian ijazah terhadap takaran tiruan yang sudah distandarkan dengan takaran yang ada.
[5] Lihat: Subulus Salam, Syarh Shohih Al-Bukhory – Ibnu Baththol, ‘Umdatul Qori’ dll
[6] Tidak boleh memburu buruannya, tidak boleh memotong pohonnya dll

<<< Prev                                                                Halaman 5