-->
مَثَلُ الَّذِيْ يَطْلُبُ الْعِلْمَ بِلاَ حُجَّةٍ كَمَثَلِ حَاطِبِ لَيْلٍ، يَحْمِلُ حُزْمَةَ حَطَبٍ وَفِيْهِ أَفْعَى تَلْدَغُهُ وَهُوَ لاَ يَدْرِيْ

SURAT TERBUKA UNTUK PARA ORANG TUA (BAGIAN 3)



KERAS DAN KASAR

Kesan ini terkadang didapatkan beberapa orang tua dari anaknya yang baru mengenal dakwah salafiyyah, sehingga mereka pun membangun penilaian mereka terhadap dakwah yang penuh berkah ini, diatas dasar kesalahan yang diperbuat oleh anak mereka. Memang jiwa muda gampang panas, terlebih jika itu disertai dengan kedangkalan ilmu, dan semangat ingkar mungkar yang menggebu-gebu. Namun itu bukanlah alasan yang membolehkan mereka untuk bersifat keras dan kasar apalagi kepada kedua orang tuanya, yang salah tetaplah salah. Islam mengajarkan dan menekankan bahwasanya berbakti dan berlaku baik kepada kedua orang tua merupakan perkara penting yang wajib ditunaikan. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

"Robb kalian telah memerintahkan agar kalian jangan beribadah kecuali kepada-Nya, dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua" (QS Al-Isro' Ayat 23)
Maka ketika Rasulullah mengabarkan tentang dosa-dosa paling besar, beliau menyebutkan:

الإشراك بالله وعقوق الوالدين ...

"Menyekutukan Allah, durhaka kepada orang tua, …" (HR Bukhory dari Abu Bakroh Rodhiyallahu 'Anhu)
Makanya tidak ada alasan bagi si anak untuk berbuat jelek kepada salah satu dari kedua orang tuanya, bahkan walau anak itu berada di atas kebenaran. Allah Subhanahu wa Ta'ala menyebutkan tentang wasiat Luqman kepada anaknya:

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا

"Apabila mereka berdua memaksamu untuk menyekutukan-Ku dengan sesuatu yang kamu tidak memiliki ilmu tentangnya, maka jangan kamu menaati mereka dan pergauilah mereka di dunia dengan baik" (QS Luqman Ayat 15)

Yang jelas kesalahan tak bisa diabaikan namun tidak bisa pula diarahkan kepada yang lain. Anak bersalah dengan kekasarannya, tapi dakwah salafiyyah yang dipelajarinya tidak bisa disalahkan karena memang tidak ada yang mengajarkannya untuk berbuat itu. Namun anak tetaplah anak, mereka memiliki hak dari orang tuanya, tentunya nasehat yang sesuai dengan syari’at. Terkadang sesuatu yang dianggap nasehat oleh seseorang, pada hakikatnya bukanlah nasehat. Kebenaran nasehat mesti ditinjau dari kecocokannya dengan Al-Qur'an dan Sunnah. Kalau semua yang mengaku sebagai pemberi nasehat bisa diterima, terus bagaimana dengan yang dikatakan Syaithon ketika membujuk Adam dan Hawa ??

إِنِّي لَكُمَا لَمِنَ النَّاصِحِين

"Sesungguhnya aku hanyalah diantara penasehat bagi kalian" (QS Al-A'rof Ayat 21)

Karena itulah sebagai orang tua, semestinya anda pun menimba ilmu syar’i, sehingga anda bisa mengetahui apa yang sedang dipelajari anak anda. Apakah dia betul-betul salah, atau memang anda yang tidak mengetahui. Jangan sampai ketika anda menyuruhnya untuk meneruskan pendidikan di sekolah campur lelaki dan perempuan, kemudian si anak tidak mau, terus anda mencap dia tidak patuh, semakin dikerasi dia pun semakin ngotot sehingga anda merasa tidak dihormati, merasa dikasari.  Tanya dulu si anak tentang alasannya ketika menolak permintaan, karena memang tidak semua permintaan orang tua bisa dituruti. Tidak ada ketaatan kepada orang tua jika mereka memerintahkan untuk berbuat maksiat dan itu justru merupakan bentuk berbaktinya seorang anak kepada orang tuanya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا وَإِنْ جَاهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

"Telah Kami wasiatkan manusia untuk berbakti kepada kedua orang tuanya. Apabila mereka berdua memaksamu untuk menyekutukan-Ku dengan sesuatu yang kamu tidak memiliki ilmu tentangnya, maka jangan kamu menaati mereka. Kepada-Kulah kalian dikembalikan dan akan Kukabarkan kepada kalian apa-apa yang telah kalian lakukan" (QS Al-Ankabut 8)

Next >>                                                                    Halaman 1