بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين، والصلاة والسلام على سيد ال مرسلين، وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين، أما بعد
Telah datang hadits yang sah dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwasanya beliau melarang seseorang untuk melakukan perkara-perkara tersebut ketika sholat, beliau bersabda:
«أُمِرْتُ
أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ عَلَى الجَبْهَةِ، وَأَشَارَ بِيَدِهِ
عَلَى أَنْفِهِ وَاليَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ، وَأَطْرَافِ القَدَمَيْنِ وَلاَ
نَكْفِتَ الثِّيَابَ وَالشَّعَرَ»
“Saya diperintahkan
untuk sujud di atas tujuh tulang: di atas kening -dan beliau mengisyaratkan
hidung dengan tangannya-, kedua telapak tangan, kedua lutut serta ukung-ujung
jari kaki, serta (diperintahkan) agar jangan menghimpun pakaian dan rambut. (HR
Al-Bukhary no. 812, Muslim no.230 dan Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhu. Riwayat
di atas adalah Lafazh Al-Bukhary)
Penjelasan Makna Sebahagian Lafazh hadits:
Penjelasan Makna Sebahagian Lafazh hadits:
·
(نَكْفِتَ) dijelaskan Ibnul Atsiyr (wafat 606) di dalam Kitab An-Nihayah
Fii Gharibil Hadits bermakna:
أي نضمها ونجمعها، من الانتشار،
يريد جمع الثوب باليدين عند الركوع والسجود.
Yaitu: Kita menggabungkan dan mengumpulkan pakaian agar tidak
berserak. Maksudnya menggabungkan pakaian dengan kedua tangan ketika ruku’ dan
sujud.
·
(نَكْفِتَ) dalam riwayat lain (Al-Bukhary no.810) dengan lafazh (نَكف)
Keduanya semakna sebagaimana dijelaskan Ibnu Hajar
Rahimahullah di Fathul Bary, demikian juga An Nawawi Rahimahullah di Al-Minhaaj.
Halaman 1