Dalam riwayat lain Thowus Rahimahulloh ditanya tentang pengajar yang mengambil upah, maka beliau menjawab:
إِذَا لَمْ يَأْخُذْ بِشَرْطٍ فَلَا بَأْسَ بِهِ
“Jika dia tidak mengambil dengan menyaratkan, maka tidak mengapa”.
Ma’mar
(salah seorang rowi atsar ini) mengatakan: “Qotadah (Ibnu Da’amah
seorang tabi’i, guru Ma’mar) juga berpendapat seperti itu”. (Kedua atsar
ini Shohih diriwayatkan ‘Abdurrozzaq)
Atsar Asy-Sya’by Rahimahulloh dengan makna yang sama dengan atsar di atas, beliau mengatakan:
لا يشترط المعلم، وإن أعطي شيئا فليقبله
“Pengajar jangan mensyaratkan. Apabila dia diberi sesuatu maka ambillah”. (Atsar Shohih diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah)
Sementara atsar Ibrohim An-Nakho’iy Rahimahulloh, beliau mengatakan:
كان يكره أن يشارط المعلم على تعليم الصبيان القرآن
”Dahulu dibenci seorang pengajar mensyaratkan (upah) untuk mengajarkan anak-anak Al-Qur’an”. (Atsar Shohih diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah)
Inilah makna perkataan Ibrohim dalam riwayat lain:
كانوا يكرهون أن يأخذوا على الغلمان في الكتاب أجرا
“Dahulu mereka membenci mengambil upah atas anak-anak pada (pengajaran) Al-Kitab”. (Atsar Shohih diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah dan ‘Abdurrozzaq)
Demikian juga (larangan bagi yang mensyaratkan) merupakan kemungkinan dari penukilan ‘Abdulloh bin Syaqiq (tabi’i) Rahimahulloh, beliau mengatakan:
يكره أرش المعلم فإن أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم كانوا يكرهونه ويرونه شديدا
“Dibenci upah pengajar. Karena dahulu shohabat Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Salam membencinya dan mereka memendangnya sebagai perkara besar”. (Atsar Shohih diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah dan ‘Abdurrozzaq)
Sebagaimana penukilan Al-Hakam bin ‘Utaibah (tabi’i) Rahimahulloh kemungkinannya adalah pada pengambilan upah yang tidak dipersyaratkan. Syu’bah bin Al-Hajjaj Rahimahulloh mengatakan bahwa beliau bertanya kepada Al-Hakam tentang upah pengajar, maka beliau menjawab:
لَمْ أَسْمَعْ أَحَدًا يَكْرَهُ
“Aku tak mendengar seorangpun membencinya”. (Atsar Shohih. Diriwayatkan di Musnad ‘Ali bin Al-Ja’ad, Al-Baihaqy di Sunan al-Kubro, serta diriwayatkan Imam Al-Bukhory secara mu’allaq)
[Lihat
juga: Al-Mabsut 16/37 karya As-Sarkhasy, Al-Hidayah Syarhul Bidayah
3/240 karya Al-Marghiyany, Al-Mughny 8/137, Al-Furu’ 4/430 karya Ibnu
Muflih, Al-Inshof 6/45]
[Pendapat
Kedua, Bolehnya Mengambil Upah Untuk Mengajar Al-Qur’an Secara Mutlak,
Baik Pengajar Tersebut Mensyaratkan Ataupun Tidak]
Ini adalah pendapat jumhur (mayoritas ulama), diantaranya adalah ulama belakangan dari kalangan Al-Hanafiyyah. [Lihat An-Nailul Author 5/345, Al-Mabsut 16/37]
Dan ini merupakan salah satu riwayat dari Imam Ahmad. Ibnu Qudamah Rahimahulloh
mengatakan: “Dari Ahmad terdapat riwayat yang lain yaitu boleh,
pendapat ini dihikayatkan oleh Abul Khoththob. Abu Tholib menukilkan
dari Ahmad, beliau berkata: “Mengajar lebih aku cintai dari pada aku
bergantung pada para penguasa tersebut atau bergantung kepada seorang
lelaki dari masyarakat dalam sebuah pekerjaan atau dari berhutang
kemudian berjualan dengannya. Bisa saja dia tidak mampu untuk membayar
hutangnya kemudian bertemu Alloh dengan membawa amanah-amanah manusia,
mengajar lebih aku cintai”. Ini menunjukkan bahwa larangan beliau di
tempat yang lain menunjukkan larangan makruh bukan pengharaman. Diantara
yang membolehkan perkara ini adalah Malik dan Asy-Syafi’i. Abu Qilabah,
Abu Tsaur dan Ibnul Mudzir memberi keringanan dalam masalah upah
pengajar”. [Al-Mughny 5/411, lihat juga 3/224]
Next >> Halaman 6