-->
مَثَلُ الَّذِيْ يَطْلُبُ الْعِلْمَ بِلاَ حُجَّةٍ كَمَثَلِ حَاطِبِ لَيْلٍ، يَحْمِلُ حُزْمَةَ حَطَبٍ وَفِيْهِ أَفْعَى تَلْدَغُهُ وَهُوَ لاَ يَدْرِيْ

Beberapa Aturan Seputar Ziinah (Hiasan) Wanita Muslimah

2. Khidhob

Al-Harawy mengatakan: “Al-Laits mengatakan setiap warna yang diubah warnanya menjadi kemerahan, dinamakan “telah dikhidhob”. [Tahdzibul Lughoh 7/55]
Atau setiap yang diubah warnanya dengan merah ataupun kuning [Lisanul Arab 1/357]
Karena itu dalam kisah Ya’juj dan Ma’juj, ketika mereka menyangka telah membunuh seluruh penduduk bumi, Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

قَالَ قَائِلُهُمْ: هَؤُلَاءِ أَهْلُ الْأَرْضِ، قَدْ فَرَغْنَا مِنْهُمْ، بَقِيَ أَهْلُ السَّمَاءِ، ثُمَّ يَهُزُّ أَحَدُهُمْ حَرْبَتَهُ ثُمَّ يَرْمِي بِهَا إِلَى السَّمَاءِ، فَتَرْجِعُ إِلَيْهِ مُخْتَضِبَةً دَمًا، لِلْبَلَاءِ وَالْفِتْنَةِ

“(Salah seorang) pembicara mereka mengatakan: “Mereka adalah penduduk bumi dan kita telah menyelesaikan mereka, tersisa penduduk langit. Lantas salah seorang diantara mereka  mengayunkan tombak pendeknya dan melemparkannya ke langit. Kemudian tombak tersebut kembali dalam keadaan berkhidhob dengan darah, sebagai ujian dan fitnah”. (HR Ahmad dari Abu Sa’id Al-Khudry dengan sanad hasan)

Khidhob seringnya untuk pengubahan warna uban, namun pada wanita khidhob juga dilakukan untuk mewarnai kulit tangan dan kaki mereka sebagai hiasan.
Abu Hurairoh Rodhiyallohu ‘Anhu mengatakan: “Sesungguhnya didatangkan kepada Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam seorang bencong yang telah mengkhidhob kedua tangan dan kedua kakinya. Maka Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam berkata:

مَا بَالُ هَذَا؟
“Ada apa dengan orang ini?”.

Dikatakan kepada beliau: “Wahai Rosululloh, dia meniru-niru perempuan”. Lalu beliau memerintahkannya untuk diasingkan ke An-Naqi’. Orang-orang berkata kepada beliau: “Tidakkah kami membunuhnya?”. Beliau berkata:

إِنِّي نُهِيتُ عَنْ قَتْلِ الْمُصَلِّينَ

“Sesungguhnya aku dilarang membunuh orang yang menunaikan sholat”. (HR Abu Daud, dishohihkan Syaikh Al-Albany)
Hadits ini menunjukkan bahwa sudah merupakan sesuatu yang masyhur di kalangan shohabat kalau wanita menghiasi kaki dan tangannya dengan khidhob.
Ummul Mukminin ‘Aisyah Rodhiyallohu ‘Anha ditanya tentang boleh tidaknya wanita berkidhob dalam masa haid, maka dia menjawab:

قد كنا عند النبي صلى الله عليه وسلم ونحن نختضب فلم يكن ينهانا عنه

“Dahulu kami di sisi Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam dan kami berkhidhob, sementara beliau tidak melarangnya”. (HR Ibnu Majah dishohihkan Syaikh Al-Albany)



Halaman 14
   Next >>